Cara Sharing Printer dengan Sederhana di Semua Windows

Cara Sharing Printer dengan Sederhana di Semua Windows

Cara Sharing Printer Mudah di Semua Windows. Bekerja dengan bantuan komputer saat ini memang sudah menjadi kebutuhan. Selain lebih memudahkan pekerjaan, bekeja dengan bantuan laptop atau komputer juga akan mempersingkat waktu dan yang pasti hasil dari pekerjaan tersebut menjadi lebih rapi. Jika sobat merupakan pegawai kantor yang bekerja penuh dengan komputer pastilah sangat memerlukan yang namanya printer. Sayangnya di dalam sebuah kantor tidak memungkinkan setiap karyawan difasilitasi printer, pastilah printer tersebut digunakan bersama-sama dengan karyawan yang lainnya.

Hal tersebut kadang membuat kesal karena harus menunggu antrean hanya untuk mencetak sedikit file. Namun jangan khawatir, daripada menunggu lama menggunakan antrean komputer untuk mencetak file, sobat bisa melakukan sharing printer sehingga langsung bisa mencetak file menggunakan laptop atau komputer sendiri. Tentunya cara ini lebih mudah dilakukan dan pastinya lebih menghemat waktu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Virus di Laptop Secara Permanen!

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit tips tentang cara sharing printer yang harus kalian ketahui. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Inilah Beberapa Tips Sharing Printer di Semua Windows!

1. Cara sharing printer yang pertama adalah dengan membuka menu Control Panel. Sobat juga bisa membukanya dengan menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan tombol “Windows + R”. Selanjutnya sobat bisa mengetikkan “control panel”, kemudian tekan OK.

cara sharing printer

2. Tunggu sampai jendela control panel terbuka. Setelah muncul jendela control panel, pilih menu Network and Internet.

cara sharing printer3. Tunggu kembali hingga jendela network and internet terbuka. Kemudian jendela network and internet muncul, klik dan pilih network and sharing center.

cara sharing printer4. Cara sharing printer yang selanjutnya adalah dengan memilih menu “change advanced sharing setting”.

cara sharing printer5. Langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah pilih “Turn on network discovery” dan “Turn on file and printer sharing”. Fotur tersebut berfungsi untuk membagikan file atau printer kepada pengguna lain.

cara sharing printer

Baca Juga: Cara Memperbaiki Touchpad Leptop yang Mati atau Eror

6. Kemudian sobat bisa memilih fitur “All Networks” untuk menonaktifkan password login laptop atau komputer jika laptop atau komputer yang digunakan diberi password. Tujuan menonaktifkan password ini agar

cara sharing printer7. mempermudah pengguna lain untuk mengakses printer atau pun file yang dishare oleh laptop atau komputer yang sobat gunakan.

8. Setelah memilih All Network, sobat bisa scroll ke bawah dan pilih fitur “Turn off password protected sharing”. Dengan itu, laptop atau komputer yang butuh akses file atau printer tidak perlu lagi memasukka password untuk login. Kemudian klik Save changes.

cara sharing printer9. Langkah selanjutnya adalah, buka kembali pada control panel kemudian pilih fitur “hardware and sound”. Setelah jendela terbuka kemudian pilih fitur “view device and printers”.

cara sharing printer10. Setelah selesai, maka klik kanan pada printer yang akan disharing. Pilih fitur printer properties.

cara sharing printer11. Cara sharing printer yang selanjutnya adalah pindah ke tab sharing. Setelah itu, ceklis share this printer. Jangan lupa untuk memberi nama pada printernya dan klik OK. Sekarang printer yang telah dishare tersebut dapat digunakan oleh komputer lain yang terhubung dalam sebuah jaringan yang sama.

 

Nah, itulah cara sharing printer yang mudah untuk diikuti. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya dan tunggu artikel menarik kami yang selanjutnya.

Tinggalkan komentar

× Kirim Pesan