Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Mudah

  • 2 min read
  • Feb 16, 2019
cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Mudah – Holla sobat ! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Flashdisk biasanya dijadikan tempat untuk menyimpan file, musik, maupun video sebelum dipindahkan ke laptop. Tetapi, bagaimana jika flash disk yang kita gunakan rusak dan semua file yang ada di dalamnya hilang?

Kehilangan data-data penting yang disimpan di dalam flashdisk pastilah sangat menyebalkan. File tersebut dapat hilang bisa karena disebabkan karena virus. Nah bagaimana caranya agar file pentiing tersebut dapat kembali? Sobat gak perlu khawatir ya, karena file tersebut dapat dikembalikan seperti semula. Untuk cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk sobat bisa menggunakan tips di bawah ini!

Cara Mengembalikan File yang Hilang/ Tersembunyi dengan Hidden Files and Folder

Jika flashdisk kita terkena virus biasanya banyak file yang tersembunyi atau bahkan hilang. Kita bisa memngembalikan file-file tersebut dengan menggunakan tools yang sudah tersedia di windows yaitu hidden files and folders. Tool tersebut berada pada menu folder and search option.

  1. Buka windows explorer terlebih dahulu.
  2. Pilih menu Organize, kemudian klik Folder and Search Option
  3. Tunggu hingga muncul menu bar. Setelah menu bar muncul, klik view lalu pilih Show hidden files, folders, and drives. Kemudian klik ok.
  4. Setelah menekan OK menandakan bahwa proses sudah selesai. Sekarang sobat bisa cek flashdisk sobat dan coba cek file yang hilang atau tersembunyi sudah kembali atau belum. Jika belum kami masih punya solusi lain berikut ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Virus di Laptop Secara Permanen!

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Command Prompt (CMD)

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk selanjutnya adalah dengan menggunakan command prompt atau biasa disingkat CMD. Berikut merupakan tutorial untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

  1. Klik start pada laptop, kemudian ketik CMD pada search program and files.
  2. Ketika telah muncul tampilan CMD ketikkan “CD..” lalu enter
  3. Setelah itu masukkan alamat drive yang akan dituju, misalkan di G, maka ketik “G:”, kemudian tekan enter.
  4. Selanjutnya langsung ketikkan “ATTRIB*.*-S-H-R/S/D”, lalu tekan enter.
  5. Data-data yang hilang maupun yang tersembunyi pun akan muncul kembali.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Aplikasi Lain

Jika terdapat file penting yang tidak sengaja terhapus secara permanen, sobat tak perlu khawatir, kita bisa mengembalikan file tersebut dengan bantuan aplikasi lain. Aplikasi tersebut adalah PC Inspector File Recovery. Software ini dapat diunduh dengan gratis dan tentunya sangat mudah untuk digunakan.

  1. Buka aplikasi PC Inspector File Recovery, kemudian pilih Recovery Deleted Files.
  2. Pilih drive yang akan dieksplorasi, misalnya flashdisk G, maka sobat pilih “G:namaflashdisk”, lalu ceklis bagian yang berwarna hijau.
  3. Proses scanning akan berjalan, setelah selesai. Jika file-file tersebut berstatus Good, maka kemungkinan besar data-data tersebut dapat dikembalikan.
  4. Cara mengembalikan file yang tehapus diflashdisk yang selanjutnya yaitu memilih file yang akan direstore. Setelah itu klik kanan file – save to .. (pilih media penyimpana tujuan).
  5. Setelah semua proses dilakukan, tunggu beberapa saat sampai proses restoring selesai, dan sobat akan bisa membuka kembali file yang terhapus.

Baca Juga: Cara Sharing Printer dengan Sederhana di Semua Windows

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk dengan Ctrl+Z

Cara lain untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk adalah dengan menekan Ctrl + Z pada keyboard. Cara tersebut digunakan jika file tersebut tidak sengaja dihapus dan masuk ke recycle bin.

Nah, itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Mudah sekali bukan? Sekarang sobat tak perlu khawatir lagi jika terdapat file yang terhapus di flashdisk. Simak terus artikel menarik kami selanjutnya ya..

× Kirim Pesan