Cara Menghilangkan Virus di Laptop Secara Permanen!

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Secara Permanen!

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Secara Permanen – Virus merupakan mimpi buruk yang menakutkan bagi para pengguna laptop atau komputer. Bagaimana tidak menakutkan, jika laptop atau komputer sudah menginfeksi laptop maka data-data penting yang  ada di laptop akan hilang bahkan dapat pula merusak kinerja laptop.

Salah satu penyebab virus masuk pada laptop atau komputer adalah ketika sedang mendowload file, film, ataupun lagu yang di dalamnya telah tertanam virus. Virus tersebutlah yang nantinya akan masuk dan menginfeksi serta merusak kinerja laptop atau komputer.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghilangkan virus di laptop dengan mudah. Yuk, simak artikel lengkapnya berikut ini!

Tips Jitu Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah!

  1. Menghapus File Sementara

Cara menghilangkan virus di laptop yang pertama adalah dengan cara menghapus file-file sementara yang ada pada laptop. Menghapus file bisa dilakukan dengan menggunakan disk cleanup sebagai alat pembersihnya. Namun sebelum menghapus temporary files, sebaiknya laptop sobat berada dalam safe mode terlebih dahulu. Penghapusan file tersebut bertujuan untuk mempercepat pemindaian virus bahkan membuang virus jika pada program saat komputer boot.

  1. Install Antivirus

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan viruss di laptop adalah dengan cara menambahkan software pemindai virus pada laptop. Ada berbagai macam anti virus yang dapat ditambahkan pada laptop untuk lebih memproteksi laptop sobat. Anti virus yang biasa digunakan antara lain Avira, AGV, Avast, dan masih banyak lagi.

cara menghilangkan virus di laptop

Baca Juga: 10+ Cara Menghapus Virus di Android Paling Ampuh!

  1. Menggunakan Command Prompt

Command prompt dapat dijadikan salah satu alternatif cara menghilangkan virus di laptop. Command prompt ini merupakan program bawaan yang dulu digunakan pada DOS. Program ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan virus yang bersarang dilaptop tanpa menggunakan anti virus tambahan.

cara menghilangkan virus di laptop

  1. Mematikan Layanan Mencurigakan

Pada cara ini sobat dapat mengecek menggunakan task manager sehingga tidak perlu repot menambahkan aplikasi anti virus pada laptop.

cara menghilangkan virus di laptop secara permanen

  1. Format Partisi

Cara menghilangkan virus di laptop selanjutnya adalah dengan memformat partisi yang dicurigai telah terinfeksi oleh virus. Namun, cara yang satu ini memiliki resiko karena tidak menjamin laptop sudah terbebas dari virus.

  1. Install Firewall

Firewall sendiri  merupakan sebuah penjaga keamaan baik keamanan software maupun keamaan hardware. Firewall sendiri adalah perangkat pertama yang memberikan keamaan pada laptop atau komputer. Program ini bekerja dengan membuat penghalang antara laptop dengan program lain yang mencurigakan. Program mencurigakan tersebut biasanya masuk melalui media perantara internet.

  1. Memindai Lampiran Email Masuk

Cara menghilangkan virus di laptop yang selanjutnya adalah dengan memindai setiap lampiran email yang masuk.

  1. Membuka Email secara Manual

Terdapat sebagian orang yang lebih suka membuka lampiran pada email secara otomatis. Padahal berbahaya jika lampiran email tersebut di dalamnya terdapat virus yang dapat dengan langsung menginfeksi laptop. Oleh karena itu, jika kita medapat kiriman lampiran melalui email, pastikan sobat memindainya terlebih dahulu sebelum membuka isi dari lampiran tersebut.

cara menghilangkan virus di laptop

Baca Juga: Kumpulan Aplikasi VPN Terbaik Untuk Android dan Tercepat

  1. Memindai FlashDisk yang Masuk

Sering kali kita lalai dengan pemindaian saat flashdisk dimasukkan pada laptop. Flashdisk merupakan alat pemindah data yang sangat riskan terkena virus dan dapat sangat mudah menularkannya jika tidak memindainya terlebih dulu. Jadi sebaiknya pindai flashdisk yang masuk pada laptop terlebih dahulu sebelum membuka file-file yang ada di dalamnya.

  1. Install Ulang Laptop

Melakukan penginstalan ulang pada laptop merupakan pilihan terakhir cari berbagai cara menghilangkan virus di laptop. Install ulang ini biasanya dilakukan jika virus telah menginfeksi windows yang telah parah sehingga menyebabkan aplikasi anti vitus tidak dapat mengatasinya.

cara menghilangkan virus di laptop

Artikel di atas merupakan penjelasan lengkap mengenai cara menghilangkan virus di laptop secara permanen. Semoga artikel ini bermanfaat dan simak selalu artikel-artikel menarik kami selanjutnya.

Tinggalkan komentar

× Kirim Pesan